Mengapa Tubuh Mudah Berkeringat Saat Bersepeda?

Mengapa Tubuh Mudah Berkeringat Saat Bersepeda?

Updated: 23 Sep 2020 | Written By: Pocari Sweat

Pada saat bersepeda, tubuh akan mengeluarkan cairan yang berasal dari kulit yang bernama keringat. Keringat merupakan kejadian dimana tubuh mengeluarkan cairan untuk mengatur termoregulasi atau suhu tubuh agar tetap dalam kondisi normal. Lalu bagaimana keringat dapat keluar dari tubuh? Mekanisme Keringat


Keringat keluar dari kelenjar dalam tubuh. Kelenjar keringat dibagi menjadi tiga: eccrine, apocrine, dan apoeccrine. Eccrine tersebar pada seluruh tubuh, dan menghasilkan volume keringat terbanyak. Apocrine dan apoeccrine membantu eccrine dalam menghasilkan keringat. Dalam keringat mengandung air dan elektrolit. Dengan berkeringat, tubuh mentransfer panas dari tubuh melewati cairan yang keluar dari permukaan kulit.


Mengapa Tubuh Mudah Sekali Mengeluarkan Keringat Saat Berolahraga?

Ketika tubuh mengeluarkan keringat dalam jumlah yang sangat banyak saat bersepeda, terdapat beberapa faktor penyebab seperti:

1. Intensitas olahraga

Intensitas olahraga menentukan jumlah volume keringat yang keluar. Jika anda berolahraga dengan durasi lebih dari 60 menit maka wajar ketika tubuh anda basah akibat keringat.


2. Lingkungan

Faktor lingkungan seperti suhu lingkungan dan kelembapan udara dapat menjadi faktor tubuh mengeluarkan keringat yang cukup banyak. Jika suhu lingkungan lebih dari 31’C maka tubuh akan bereaksi untuk berkeringat lebih.


3. Body Mass

Orang yang memiliki body mass yang lebih besar akan cenderung mengeluarkan kerngat yang lebih banyak.


Apakah Berbahaya Jika Tubuh Mengeluarkan Keringat Yang Banyak?

Apabila sedang berolahraga, sangat wajar ketika tubuh mengeluarkan keringat yang banyak karena salah satu tujuan mengeluarkan keringat adalah menjaga suhu tubuh dan menghindari kejadian heat exhaustion hingga heat stroke. Namun apabila keringat keluar sendiri tanpa ada kejadian atau aktivitas yang berat maka kemungkinan anda mengalami kondisi hyperhidrosis atau kondisi dimana kelenjar keringat anda lebih banyak. Jika anda mengalami kondisi hyperhidrosis maka anda perlu mengecek ke dokter untuk mendapatkan pengobatan dan terapi yang tepat.


Untuk Artikel lebih lengkap cek di Born to Sweat Apps (Tersedia di Apps Store dan Playstore atau dapat klik link berikut ini: https://sweatgen.gits.app/landing-page )


REFERENSI:

Baker, L. (2019). Physiology of sweat gland function: The roles of sweating and sweat composition in human health. Temperature, 6(3), 211-259. doi: 10.1080/23328940.2019.1632145

Baker, L. (2017). Sweating Rate and Sweat Sodium Concentration in Athletes: A Review of Methodology and Intra/Interindividual Variability. Sports Medicine, 47(S1), 111-128. doi: 10.1007/s40279-017-0691-5