Saat Bersepeda Santai, Apa Tetap Butuh Minum?

Saat Bersepeda Santai, Apa Tetap Butuh Minum?

Updated: 03 Sep 2020 | Written By: Pocari Sweat

Anjuran minum saat berolahraga baik itu bersepeda atau lari, mungkin sudah sering Anda dengar berbagai informasinya. Namun, terkadang tubuh merasa belum haus sampai selesai bersepeda. Atau, beberapa orang juga berpikir “ah hanya bersepeda santai saja, tidak terlalu serius kok”, jadi minum nanti saja jika memang sudah selesai bersepeda. Faktanya, waktu bersepeda yang dihabiskan ini bisa di atas 30 menit, 60 menit, atau bahkan lebih dari 90 menit. Adakah yang merasakan dua hal ini? Nah, sebenarnya tetap butuh minum atau tidak ya saat bersepeda santai saja?


Pada kenyataanya, seberapa santai olahraga yang Anda lakukan atau seberapa ringan intensitas latihan yang Anda lakukan, tubuh tetap membutuhkan pergantian cairan. Berolahraga tanpa minum justru membuat tubuh yang harusnya sehat jadi tersiksa, lho!


Kenapa harus minum saat bersepeda?

Minum adalah satu-satunya cara untuk mengganti cairan yang hilang selama berolahraga. Selama melakukan olahraga, kontraksi otot yang terjadi menghasilkan panas. Kenaikan suhu inti tubuh yang terjadi karena kontraksi otot ini, perlu diturunkan agar fungsi-fungsi organ di dalam tubuh lainnya bekerja dengan baik. Untuk menurunkan panas ini, akhirnya tubuh mengeluarkan keringat.

Selain tubuh mengeluarkan cairan berbentuk keringat, tubuh juga kehilangan zat-zat elektrolit atau yang sering disebut dengan ion di dalamnya. Ada banyak ion yang terdapat dalam tubuh yakni natrium, kalium, magnesium, kalsium, clorida. Kelima ion ini memiliki fungsi yang berbeda-beda di dalam tubuh.

Natrium dan klorida bertugas menjaga keseimbangan cairan dan tekanan darah. Kalium berfungsi dalam pergerakan implus sistem saraf dan juga kontraksi otot, termasuk menjaga pergerakan otot jantung. Kalsium berfungi mengatur detak jantung, proses persinyalan dalam sistem saraf, dan bekerja sama dengan kalium menjaga kontraksi otot.

Magnesium berfungsi menjaga kestabilan irama otot jantung, dan sebagai impuls sistem saraf bersama dengan kalium.


Jika tubuh kekurangan cairan beserta kelima ion penting tersebut, lantas siapa yang akan menjalankan fungsi-fungsi tersebut? Tentunya proses kontraksi otot, pergerakan saraf, keseimbangan cairan menjadi tidak berjalan dengan baik. Salah satu dampak kurangnya ion dan cairan yakni bisa menjadi faktor risiko timbulnya keram otot saat berolahraga. Tubuh yang selalu terhidrasi dengan baik selama olahraga, akan membantu kerja jantung lebih baik. Dengan begitu, jantung akan lebih lancar memompa darah yang kaya oksigen menuju sel-sel otot yang digunakan saat berolahraga.


Kapan harus minum saat bersepeda?

Pada dasarnya, diperlukan waktu untuk minum 15-20 menit sekali saat bersepda atau pun berolahraga lainnya. Seringnya, orang mengandalkan rasa haus sebagai indikator untuk minum. Padahal, saat berolahraga munculnya haus menandakan tubuh sudah mengalami deifisit cairan terlebih dahulu. Maka dari itu, sangat penting menyiasait waktu minum saat olahraga, dibandingkan menunggu rasa haus muncul.


Meskipun bersepeda santai, apa tetap perlu untuk minum saat bersepeda?

Apapun jenis intensitasnya, secara fisiologis tubuh tetap membutuhkan cairan kembali 15-20 menit. Saat olahraga, meskipun santai, tubuh tetap melakukan kontraksi terus menerus, sehingga peningkatan suhu inti tubuh juga tetap terjadi meskipun perbuahannya lebih bertahap. Kondisi inilah yang membuat tubuh tetap kehilangan cairan dan ion saat berolahraga.

Jumlah keringat yang keluar memiliki perbedaan di antara masing-masing individu. Ada beberapa hal yang memengaruhi jumlah banyaknya keringat yang keluar selain dari intensitasnya, yakni dari kondisi panas di lingkungan, durasi latihan, dan juga kondisi fisiologis tubuh apakah memang sweat raate orang tersebut cepat atau tidak. Nah, semakin panas lingkungan tempat Anda bersepeda, semakin banyak juga keringat yang keluar.

Oleh karena itu, pastikan untuk menyiapkan minuman yang mengandung ion sebelum berangkat bersepeda. Selalu hidrasi tubuh mulai dari sebelum bersepeda, saat bersepeda, maupun setelah bersepeda.