Tips Optimalkan Daya Tahan Tubuh Di Masa Pandemi

Tips Optimalkan Daya Tahan Tubuh Di Masa Pandemi

Updated: 03 Jul 2020 | Written By: Pocari Sweat

Di masa pandemi COVID-19 sekarang ini, menjaga kesehatan adalah hal penting. Berbagai penyakit dapat dihindari, bila kita memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, akan tercipta imunitas tubuh yang mampu jaga kondisi kesehatan.

Kondisi tubuh yang sehat juga membuat kita dapat beraktivitas dan tetap produktif. Berikut beberapa tips yang bisa kamu intip untuk menjaga daya tahan tubuh : 

1. Asupan Makanan Bergizi

Makanan adalah sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin A, C, E, D, B5 dan B12 serta asam folat juga zat besi  adalah beberapa jenis vitamin dan mineral  yang mampu tingkatkan daya tahan tubuh. Pastikan kamu konsumsi berbagai makanan bergizi yang mengandung gizi dan mineral tersebut.

 

2. Olahraga Rutin 30 Menit

Tetap terus bergerak aktif seperti berolahraga, dianjurkan dilakukan rutin setiap harinya selama 30 menit. Aktivitas yang melibatkan fisik dengan intensitas sedang, terbukti bantu sistem daya tahan tubuh melawan penyakit. Ketika berkeringat, jangan lupa ganti cairan tubuh yang hilang dengan minuman yang dapat diserap tubuh dengan cepat dan mengandung elektrolit/ion. 

 

3. Tidur Cukup 7-9 Jam Per Hari

Kurang tidur terbukti dapat menyebabkan fungsi kekebalan tubuh terganggu. Istirahat yang cukup mampu mengoptimalkan kinerja daya tahan tubuh. Dianjurkan untuk tidur 7-9 jam setiap harinya.

 

4. Jaga Hidrasi Tubuh

Tubuh kita terdiri dari 60% cairan yang mengandung air dan ion. Bila tubuh kita dehidrasi, dapat terjadi ketidakseimbangan elektrolit. Diketahui elektrolit berperan penting menjaga daya tahan tubuh agar berfungsi optimal. 

Cara tepat untuk menjaga keseimbangan elektrolit adalah dengan minum atau konsumsi makanan yang mengandung air seperti buah dan sayuran. Atau kamu juga bisa minum minuman elektrolit isotonik yang mampu menyerap lebih cepat di dalam tubuh. 

 

Lakukan beberapa tips di atas untuk jaga daya tahan tubuhmu, ya. Jaga daya tahan, jaga kesehatan. Kita lawan COVID-19!