Bahaya Cedera Ligamen Lutut Anterior bagi Pemain Futsal

Bahaya Cedera Ligamen Lutut Anterior bagi Pemain Futsal

Updated: 11 Jul 2019 | Written By: Pocari Sweat

Bahaya cedera ligamen lutut anterior atau ACL (anterior cruciate ligament) menghantui para pemain futsal. Ligamen lutut anterior, yang berfungsi untuk menjaga kestabilan lutut dan menghubungkan tulang tungkai bawah dan atas, berpotensi mengalami kerusakan atau robekan, dari cedera ringan hingga parah. Saat ligamen ini mengalami cedera, umumnya akan terdengar bunyi “POP’’ dan diikuti dengan nyeri pada bagian depan dan belakang lutut, pembengkakan, lutut tidak stabil, dan kesulitan untuk berdiri. 

Penyebab cedera ligamen lutut anterior ada bermacam-macam,  di antaranya adalah:

  1. mengubah arah gerakan secara tiba-tiba, terutama jika salah satu kaki berpijak dengan kuat di tanah;

  2. mendarat dengan posisi kaki tidak menekuk setelah melakukan lompatan;

  3. berhenti secara tiba-tiba;

  4. dan kontak langsung, seperti terjegal saat bermain futsal.

Untuk melakukan pertolongan pertama saat mengalami cedera ligamen lutut anterior, kamu perlu ingat PRICE; Protect, Rest, Ice, Compress, dan Elevate. Lindungi lutut dari cedera lebih lanjut, istirahat untuk mempercepat pemulihan dan mengurangi tekanan berlebih pada lutut, kompres lutut setiap 2 jam sekali selama 20 menit, perban lutut dengan perban elastis, dan posisikan lutut lebih tinggi saat berbaring. 

Selain itu, cegah cedera ligamen lutut anterior dengan melakukan latihan yang menguatkan; 1) otot tungkai, terutama latihan hamstring; 2) inti tubuh, termasuk di dalamnya pinggul, pelvis, dan abdomen bawah; dan 3) teknik dan posisi lutut yang tepat ketika melompat dan mendarat. Melakukan standing bicycle crunch mampu menguatkan otot inti tubuhmu. Caranya, berdiri dengan kedua kaki terpisah selebar pinggul, tempatkan tangan di belakang kepala. Pastikan bahu dalam posisi santai dan secara bersamaan angkat kaki kanan dan turunkan siku kiri untuk bertemu di depan dada. Kembali ke posisi awal dan ulangi pada sisi bersamaan.

Nah, itu dia cara untuk mencegah dan menangani bahaya cedera ligamen lutut anterior yang harus kamu pelajari. Jangan lupa sesuaikan jenis olahraga dengan kemampuanmu agar hasilnya maksimal. Bekali dirimu dengan Pocari Sweat di setiap aktivitas untuk gantikan cairan tubuh yang hilang, ya!