Tetap Sehat di Tengah Polusi Udara

Tetap Sehat di Tengah Polusi Udara

Updated: 11 Jul 2019 | Written By: Pocari Sweat

Akhir bulan Juni tahun 2019 dihebohkan dengan berita bahwa polusi udara di Jakarta menempati posisi ketiga dengan peringkat udara terburuk di dunia berdasarkan data Airvisual (25/6). Hal itu tentu bukan pertanda yang baik, karena kualitas udara yang buruk akan berdampak pada kesehatanmu. World Health Organization (WHO) pada tahun 2013 menyimpulkan bahwa polusi udara merupakan salah satu penyebab kanker pada manusia, khususnya kanker paru-paru. Selain itu, paparan polusi udara juga mampu meningkatkan risiko terserang asma, bronkitis, hingga infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Tingginya tingkat karbon monoksida juga berkaitan dengan kadar hemoglobin, yang mampu menyebabkan tubuh kekurangan oksigen. 

Lalu, bagaimana cara untuk tetap sehat di tengah tingginya paparan polusi udara? 

  1. Menggunakan masker saat di luar ruangan

Memutuskan untuk beraktivitas di luar ruangan, terutama di siang hari, tandanya harus siap dengan kemungkinan bahwa kamu akan terpapar polusi dari kendaraan bermotor. Apabila aktivitasmu mengharuskan kamu untuk menghabiskan banyak kegiatan di luar ruangan, gunakan masker dan pakaian yang tertutup untuk mengurangi paparan polusi udara dan terik matahari. 

  1. Jangan berolahraga saat kualitas udara sedang buruk

Kualitas udara yang buruk akan memaksa saluran pernapasanmu untuk bekerja lebih berat, apalagi kalau kamu melakukan olahraga di luar ruangan. Memaksakan diri untuk berolahraga saat kualitas udara tidak mendukung akan membuatmu menimbun banyak partikel jahat yang berdampak pada kesehatan di kemudian hari. 

  1. Menggunakan transportasi umum

Pertimbangkan untuk menggunakan transportasi umum agar mengurangi polusi udara yang disebabkan oleh emisi gas kendaraan bermotor. Banyaknya pilihan transportasi umum yang tersedia memudahkan kamu untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Kamu udah pernah coba naik MRT belum, nih? 

  1. Memperbaiki pola makan

Tinggal di daerah yang tinggi polusi mengharuskan kamu untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Mengonsumsi Pocari Sweat setiap hari serta makanan tinggi antioksidan dan vitamin C mampu membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, daya tahan tubuh yang bagus juga mampu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang terbentuk dari polusi udara. 

Nah, tunggu apa lagi? Yuk lakukan tips di atas agar kamu tetap sehat di tengah polusi udara! Jangan sampai polusi udara mengganggu aktivitas dan kesehatanmu, ya! Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan?