Sweat Dance Cover Competition

Sweat Dance Cover Competition

Updated: 27 Feb 2019 | Written By: Pocari Sweat

Jakarta, Februari 2019 – Pada awal November 2018, Pocari Sweat melaksanakan campaign “Sweat Dance Cover Competition” yang bertujuan untuk mendorong talenta muda Indonesia untuk tidak takut bermimpi. Campaign kali ini berbeda dengan campaign Pocari Sweat sebelumnya, dimana kali ini campaign mengangkat konsep co-creation dimana audience akan terlibat untuk pembuatan konten marketing Pocari Sweat. Pemenang dari kompetisi Sweat Dance Cover akan membintangi TVC Pocari Sweat dan menampilkan karya koreografi mereka.

Kompetisi Sweat Dance Cover dimulai dengan mengajak anak-anak muda untuk membentuk sebuah grup dance dan menantang mereka untuk meniru gerakan Sweat Dance. Selanjutnya mereka akan menampilkannya dalam video dengan konsep sesuai kreativitas mereka masing-masing. Pada akhirnya terkumpul 1.450 video submission di Instagram dengan konsep yang kreatif ala TVC dan melibatkan produk Pocari Sweat di setiap video yang diupload. Tidak hanya kota-kota di pulau Jawa, video yang terkumpul juga berasal dari anak-anak muda yang rata-rata berusia 13 hingga 24 tahun dari berbagai daerah di Indonesia seperti di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Konsep co-creation dapat meningkatkan engagement dengan konsumen. Terlihat dari engagement yang didapatkan selama kompetisi ini berlangsung adalah 749.011 dengan brand presence yang didapatkan pada social media mencapai 107.539.393 impression.
Dari seluruh peserta yang mendaftar, akhirnya dipilih 7 (tujuh) finalis yang selangkah lebih dekat untuk mewujudkan mimpinya. Ke tujuh finalis tersebut adalah The Blessha (Jakarta), Aozora (Palembang), Cheer4Sweat (Jakarta), Good Fellaz (Jogjakarta), I’Generation (Jakarta), WestJVCrew (Bandung), dan 7Steps (Jakarta). Rata-rata finalis Sweat Dance Cover berusia 14 hingga 20 tahun sehingga mayoritas dari mereka masih merupakan pelajar di bangku SMA maupun kuliah.

Ketujuh Finalis mengikuti rangkaian dance workshop di Jakarta dan dibimbing langsung oleh dua dance coach profesional. Hal ini bertujuan untuk membekali para finalis dengan teknik dance yang benar untuk penampilan para finalis di final show sekaligus mendukung mimpi mereka menjadi bintang iklan TVC Pocari Sweat. Persiapan ini dilakukan para finalis untuk iklan TVC Pocari Sweat yang akan ditonton oleh masyarakat di seluruh Indonesia.

Setelah mengikuti serangkaian acara, dan latihan yang intensif, tibalah saatnya para finalis menampilkan koreografi dance kreasi masing-masing di acara Final Show Sweat Dance Cover. Final show digelar pada 13 Januari 2019 di salah satu shopping mall di Jakarta. Tidak hanya bagi ketujuh finalis terpilih, acara ini menjadi ajang motivasi bagi komunitas dance dari beragam genre sebanyak 2000 orang untuk menjadi saksi, siapa grup yang terpilih sebagai pemenang Sweat Dance Cover. Para juri profesional memberikan komentar yang membangun bagi ketujuh finalis. Audience dari seluruh Indonesia juga dapat mendukung grup favoritnya dengan cara mengirimkan online vote dan komentar dukungan melalui https://www.pocarisweat.id/sweatdancecover/#vote. Jumlah online voters hingga 13 Januari 2019 mencapai 9.901 orang dengan total 20.705 votes.

Akhirnya Aozora, tim dance dari Palembang menjadi tim terpilih yang berhasil menjadi pemenang dari Sweat Dance Cover Competition. Tim yang terdiri dari 4 perempuan muda ini berusia 17 hingga 23 tahun. Mereka dinilai dapat menjadi contoh bagi generasi muda lain di seluruh Indonesia untuk berani berkeringat demi meraih mimpinya. Sebagai bentuk apresiasi, Pocari Sweat menerbangkan Aozora untuk syuting di Jepang. Mereka melakukan shooting di tempat ikonik Jepang, dimulai dari menjalani shooting di sekolah Gotemba bersama murid-murid sekolah Jepang, kemudian dilanjutkan di Harajuku, Shibuya, Tokyo Tower dan beberapa lokasi lain di Tokyo, dan juga menampilkan koreografi mereka dan menjadi bintang iklan dari TVC baru Pocari Sweat. Iklan bertema “Dreams Come True” ini telah ditayangkan secara nasional sejak 19 Februari 2019 hingga 31 Maret 2019, dimana Pocari Sweat ingin menyampaikan bahwa Aozora adalah satu dari ribuan anak muda yang telah berhasil mewujudkan mimpinya, bersama Pocari Sweat!

Let’s sweat for your dream!