Jangan Sampai Puasa Membuatmu Berhenti Beraktivitas! Intip Tipsnya

Jangan Sampai Puasa Membuatmu Berhenti Beraktivitas! Intip Tipsnya

Updated: 15 May 2018 | Written By: Pocari Sweat

Selama bulan Ramadhan, umat Islam harus melaksanakan ibadah puasa, yaitu menahan rasa lapar, haus, juga emosi selama lebih dari 12 jam sehari. Kondisi inilah yang sering membuat orang merasa produktivitas mereka akan menurun karena tidak bisa beraktivitas seperti biasanya selama berpuasa. Tapi kamu tak perlu khawatir, simak tips berikut ini agar bisa jalani aktivitas harianmu seperti biasa selama berpuasa.

Sempatkan untuk melakukan olahraga ringan

Meskipun sedang puasa, bukan berarti menjadi alasan untuk kamu tidak bisa melakukan olahraga. Tidak perlu olahraga yang berat, cukup lakukan peregangan-peregangan kecil ketika sahur agar kamu bisa tetap nyaman beraktivitas selama berpuasa dan sempatkan untuk berjalan di sekitar rumah selama 10-15 menit setelah berbuka, selain agar sistem pencernaanmu bekerja dengan baik, badan kamu juga akan tetap fit. 

Perbanyak mengonsumsi makanan berserat

Ahli kesehatan mengatakan jika makanan dengan kandungan serat yang tinggi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, membantu menyerap karbohidrat dalam tubuh secara bertahap sehingga menghasilkan efek kenyang yang lebih lama. Kamu jadi tidak perlu khawatir merasa lemas atau kelelahan karena merasa lapar.

Hidrasi tepat saat sahur

Selain makanan yang kaya akan serat, tubuh kamu juga membutuhkan hidrasi yang tepat terutama selama sahur karena hanya pada saat inilah tubuhmu bisa mendapatkan asupan cairan untuk puasa seharian. Pemilihan jenis minuman saaat sahur menjadi hal yang sangat penting, minuman yang tepat saat sahur akan membuat saat puasa menjadi tetap produktif.

Minuman yang tepat dikonsumsi saat sahur adalah minuman mengandung ION. Hasil penelitian Chinese Medical Journal pada 2010 menunjukan bahwa kandungan ION yang terkandung di Pocari Sweat mampu mengikat cairan dan disimpan lebih lama di dalam tubuh. Komposisi Pocari Sweat yang menyerupai cairan tubuh membuatnya mudah diserap sehingga tidak cepat merasa haus dan terhindar dari dehidrasi.

Sumber : Chang CQ, et.al. Effects of carbohydrate-electrolyte beverage on blood viscosity after dehydration in healthy adults. Chinese Medical Journal123: 3220-3225, 2010.