Makanan yang Bisa Membantu Pulihkan Cedera

Makanan yang Bisa Membantu Pulihkan Cedera

Updated: 20 Sep 2017 | Written By: Pocari Sweat

Cedera saat berolahraga memang bisa menyerang siapa saja, tak terkecuali para atlet yang kini

tengah berlaga dalam ajang Pekan Olahraga Se-Asia Tenggara 2017. Namun sayangnya, tak
jarang dari Anda menganggap sepele pemulihannya dan justru buat cedera ini kian berlarut dan
menimbulkan masalah serius hingga mempengaruhi performa para atlet saat bertanding. Mulai
sekarang, penting untuk memerhatikan kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya saat memilih
makanan yang Anda konsumsi untuk memulihkan cedera dalam waktu yang relatif singkat, seperti
pilihan makanan berikut.

Bromelain Dan Lemak Omega-3
Bromelain dan Omega-3 sudah terbukti memiliki efek menguntungkan dalam mengurangi
peradangan akibat cedera saat berolahraga. Bromelain merupakan enzim potase yang dihasilkan
dari buah nanas. Pilihan makanan yang kaya akan Bromelain bisa Anda konsumsi dalam bentuk
buah dan jus nanas, roti gandum utuh dengan daging ikan tuna, dan buah ceri. Menyertakan
Omega-3 dalam pola makan dapat menekan radang agar tidak mengganggu proses penyembuhan.
Konsumsi makanan yang kaya akan Omega-3 seperti ikan salmon, telur ayam yang mengandung
Omega-3 dan kacang walnut.

Zat Besi (Zync)
Makanan seperti bayam, yoghurt, seafood, kacang-kacangan merupakan pilihan tepat jika Anda
mencari sumber kandungan zat besi yang tinggi. Pasalnya, Zinc sangat dibutuhkan untuk membantu
penyembuhan luka dan inflamasi saat cedera sekaligus memberikan respon imun yang baik bagi
tubuh Anda untuk mempercepat proses pemulihan.

Berbagai Vitamin
Pertama adalah vitamin C yang memiliki peranan penting dalam pencegahan dan penyembuhan
cedera berkat pendorong pembentukan kolagen yang dapat menguatkan otot juga jaringan kulit.
Kolagen ini dibutuhkan untuk memperbaiki urat dalam daging, ikatan sendi tulang, dan
menguatkannya. Anda bisa mendapatkan vitamin C dengan mengonsumsi kubis, tomat, brokoli,
hingga buah citrus dan stroberi. Selanjutnya vitamin A yang akan bantu proses pertumbuhan sel,
perkembangan dan perbaikan tulang hingga kekebalan tubuh. Temukan dalam makanan seperti ubi,
wortel, mangga, dan bayam. Vitamin B6 akan bantu penyembuhan otot dengan lebih cepat berkat

kandungan protein dan metabolisme sel darah merah. Konsumsi kentang, seafood, dan advokat
untuk menemukan vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh.

Air dan Elektrolit
Air merupakan zat paling penting dari semua zat makanan karena sebagian besar carian dalam
tubuh terdiri dari air. Namun saat berolahraga, tubuh tidak hanya kehilangan banyak cairan tapi juga
elektrolit yang berfungsi dalam fleksibilitas otot. Oleh karenanya, pemenuhan kebutuhan cairan dan
elektrolit dalam tubuh sangatlah penting. Untuk hidrasi yang optimal, Anda dapat mengonsumsi
minuman elektrolit seperti POCARI SWEAT yang mampu mengembalikan cairan dan ion-ion tubuh
yang hilang bersama keringat.

Kurkumin
Terdapat dalam pigmen kuning pada kunyit, kurkumin memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan
yang sangat tinggi. Dengan mengonsumsi kunyit pada masa pemulihan akan bantu mencegah
peradangan dan mempercepat penyembuhan pada bagian otot yang mengalami cedera. Selain itu
zat ini juga membantu mengeringkan luka pada kulit dengan lebih cepat.