Peran Pacer dalam Sebuah Perlombaan Lari

Peran Pacer dalam Sebuah Perlombaan Lari

Updated: 26 Jul 2017 | Written By: Pocari Sweat

Bagi para runners, istilah pacer mungkin sudah tidak asing lagi. Pacer bisa juga disebut sebagai pacer maker atau pacesetter adalah pelari yang bertugas untuk memandu kecepatan seorang pelari agar dapat mencapai target waktu yang diinginkan.


Tugas seorang pacer dalam suatu ajang perlombaan lari tidak hanya memandu kecepatan saja, seorang pacer juga harus bisa memberikan semangat agar para pelari yang mengikutinya di belakang bisa terus mengikuti kecepatan yang diinginkan. Selain itu, pacer juga bertanggung jawab untuk mengingatkan para pelari untuk menggantikan cairan tubuh pada saat berlari agar tidak cidera seperti kram atau heatstroke dan memberikan pertolongan pertama jika terdapat seorang pelari yang mengalami cedera atau kondisi yang sangat serius seperti pingsan atau kesakitan. Idealnya jumlah pacers per kategori kecepatan ada 3 orang. Hal ini bertujuan memudahkan mereka untuk saling berkoordinasi terkait pace dalam berlari.


Pacer yang baik adalah seorang pelari yang sering berlatih dan mengukur diri dengan beberapa perlombaan lari. Sedangkan kriteria ideal untuk menjadi seorang pacer adalah memiliki personal record yang lebih baik dari waktu penugasan. Sebagai contoh, jika seorang pelari ditugaskan menjadi pacer dalam kelas marathon dengan target waktu 2:30:00, maka ia harus mempunyai personal record 30 menit lebih cepat dari waktu yang ditentukan. Untuk kategori half marathon seorang pacer harus mempunyai personal record 10-15 menit lebih cepat dari waktu yang ditugaskan. Sedangkan untuk kategori 10K harus mempunyai personal record 5-7 menit lebih cepat. (Source: pelatih dan kolumnis senior Runner’s World, Hal Higdon) Menjadi seorang pacer juga harus didukung dengan program latihan yang secara sistematis, dan rutin berlari minimal 40KM per minggu. Gaya hidup sehat juga berperan penting agar performa para pacer terus terjaga. Seperti kecukupan istirahat dan tidur 7-8 jam sehari, diet a la pelari dengan mengkonsumsi 70-85% karbohidrat dan 15% protein serta lemak baik. Selain pola rehidrasi yang tepat sebelum, sesaat, dan sesudah berolahraga.


Para Pocari Sweat Pacer juga akan hadir nanti di Pocari Sweat Bandung Marathon 2017 pada tanggal 30 Juli 2017. Mereka akan bertugas memandu kecepatan para pelari dengan memperhatikan keempat momen berikut.

  1. Momen sebelum start, para pacer akan datang 90 menit sebelum start dimulai, memasang atribut pacer berupa balon sebagai penanda target waktu serta berinteraksi dengan para pelari.
  2. Momen hydration point, para pacer akan memberitahu bahwa hydration point sudah tinggal 100M lagi, serta menyarankan para pelari untuk minum sambil berlari.
  3. Momen finish, para pacer akan selalu memberikan motivasi 2KM sebelum garis finish, pada 1KM terakhir pacer akan memberikan informasi dan menyemangati para pelari untuk menambah kecepatan larinya.
  4. Momen setelah finish, para pacer akan memberikan selamat kepada para pelari yang berhasil mencapai target, selain itu para pacer juga akan mengajak pendinginan serta stretching

Bagi para runners yang memiliki target di Pocari Sweat West Java Marathon 2017, bisa mencari Pocari
Sweat Pacer dengan kategori sebagai berikut:

      1. Full Marathon dengan target waktu:

  • 4:45 jam
  • 5:00 jam
  • 5:15 jam

      2. Half Marathon dengan target waktu:

  • 2:00 jam
  • 2:15 jam
  • 2:30 jam

      3. 10 K dengan target waktu:

  • 60 menit
  • 70 menit
  • 75 menit

So, prepare yourself and see you in Bandung runners. Let’s run safely!